Nature

slide

Technology

Friday, September 6, 2013

Cara Mengatasi Penyakit

Cara Mengatasi Penyakit

Cara mengatasi masalah
sekalipun lovebird burung yg memiliki fisik kuat dan mudah beradaptasi,tetap saja bisa timbul maslah dalam pemeliharaan nya. sumber masalah bisa berasal dari faktor internal/eksternal seperti lingkungan sekitar. penyakit,predator,dan stress serinhkali menjadi pemicu utama berbagai masalah dalam pemeliharaan lovebird.
1.penyakit
Banyak penyakit yg bisa menyerang lovebird.beberapa di antaranya tergolong ringan.namun,ada juga yg bersifat menular dan mematikan. beberapa penyakit yg seringkali menyerang lovebird antara lain PBFD (psittacine beak and feather disease), virus polyoma,infeksi bakteri,PDD (praventricular diilatation disarder) dan virus avian influeza atau flu burung.
Mengatasi nya: selalu menjaga kebersihan kandang,lingkungan kandang,serta wadah pakan dan air minum merupakan tindakan yg perlu dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit .selain itu ,kebutuhan lovebird terhadap pakan dan nutrisi harus terpenuhi. dengan kata lain kualitas dan kuantitas pakan untuk lovebird harus selalu terjaga. hal tersebut bisa membuat lovebird lebih tahan atau lebih kuat menahan serangan penyakit.Namun, sejalan dengan pengalaman yg bertambah,peternak pasti bisa mendeteksi lovebird yg sakit. tetap ada tanda-tanda khusus jika lovebird sedang sakit. di antaranya
lovebird lebih sering diam,lesu ,terlihat mengantuk,tidak tertarik bermain_main dan jarang berkicau. selain itu kondisi kotoran dan bulu bisa di jadikan patokan. jika kotoran berwarna tua hitam, bisa jadi lovebird sedang tidak sehat. jika bulu rontok dalam jumlah banyak ,mungkin lovebird sedang sakit. Hidung yg berair serta ada suara saat bernafas atau ngorok juga bisa menjadi pertanda bahwa lovebird sedang sakit.~> mengatasi nya:jika dijumpai tanda'' tersebut , lebih baik lovebird segera di pisah dari kelompok atau pasangan nya untuk di karantina. Hal ini dimaksudkan agar lovebird lain tidak tertular oleh penyakit tersebut. jika salah satu lovebird kesayangan, mengonsultasikan maslah pada dokter hewan adalah jalan yg terbaik. peternak sebaiknya tidak coba coba untuk mengobati sendiri jika belum tahu betul penyakit apa yg sedang di derita lovebird.
2.luka
Jika didapati lovebird terluka, lovebird tersebut harus segera di pisahkan ke dalam kandang tersendiri. cara terbaik untuk menyembuhkan luka tersebut adalah dengan obat merah dan obat kompres luka ,misalnyya rivanol. jika tidak kunjung sembuh. sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan.
3.keracunan
jika ada benda benda asing dan beracun harus di jauhkan dari lovebird. biji apel,pir,kopi dan beberapa makanan lain telah terbukti beracun bagi lovebird sehingga harus dijauhkan dari lovebird. selain itu ,benda benda asing seperti plastik kecil,batupotongan karet gelang dan potongan kayu yg ikut termakan lovebird juga bisa menimbulkan maslah
Maka dari itu diusahakan kandang agar selalu bersih dari benda benda tersebut. wadah pakan ,air minum dan mainan yg di sediakan utk lovebird juga perlu di perhatikan.
4.stres
Lingkungan yg terlalu bising ,panas,bau_bauan,dan kesepian yg terus menerus bisa menyebabkan burung ini stres. Akibatnya bisa di tebak, burung akan jatuh sakit lalu mati.ketika menderita stres yg berlebihan, lovebird akan mencabuti bulunya sendiri hingga terluka dan berdarah. luka luka ini bisa terinfeksi yg pada akhirnya akan membunuh lovebird itu sendiri.fenomena ini sering terjadi terhadap lovebird yg di pelihara tanpa ada pasangan nya.
satu satunya cara untuk mencegah hal ini adalah dengan menambah teman atau pasangan untuk lovebird tersebut.
5.stres
masa mabung atau rontok bulu merupakan siklus alamiah pada keluarga burung. masa ini terjadi saat lovebird berusia 4-5 tahun. pada masa mabung secara alami lovebird akan meregenerasi bulu dan sistem metabolisme tubuhnya. proses mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi.
merawat lovebird pada masa mabung sangat penting. apabila perawatanya salah, akan membuat lovebird menjadi tidak normal.pada masa mabung metabolisme tubuh lovebird meningkat hampir 40% dari kondisi normal. oleh karena itu lovebird butuh asupan nutrisi yg berkualitas baik dari porsi yg lebih besar dari kondisi normal. pakan tambahan seperti biji bunga matahari,biji kacang hijau atau biji fumayin bisa di berikan. pakan tersebut bisa mempercepat pembentukan sel dan bulu bulu baru.
pada saat mabung , lovebird di isolasi di tempat yg tenang jauh dari keramaian dan lalu lalang manusia. bisa juga dengan cara di kerudung. ingat mempertemukan lovebird pada masa mabung dengan lovebird lain dapat menimbulkan kondisi psikis lovebird pada masa mabung menjadi tidak stabil.ketidakstabilan psikis ini akan memicu ketidak seimbangan hormon pada tubuh lovebird sebaik nya jg di pertemukan.

No comments: