Nature

slide

Technology

Monday, October 19, 2015

faktor violet

FAKTOR VIOLET

Cukup banyak para penangkar yang tertarik dan ingin mengetahui morphologi warna violet. mungkin karna dari itu kali ini saya ingin sekali mengulas tentang warna violet sebenarnya tertarik pada postingan teman yang sulit membedakan antara Blue/biru, single factor (SF) blue/satu faktor gelap biru dan double factor (DF) blue/biru dengan dua faktor gelap.

Biru = standar biru
SF/Single Factor/satu faktor gelap = cobalt
DF/DDF/doble dark factor = mouve

Begini kronologinya:




Saya harap ini hanya terjadi dengan teman saya dan saya ingatkan disini saya hanya sharing tidak bermaksud  menyudutkan atau menjelekkan seseorang agar rekan-rekan lain dapat lebih memahami warna dan jenis lovebird.
karna dari itu juga mungkin masih banyak para penangkar/hobbies  yang tidak menyadari apa warna violet sebenarnya. mungkin postingan kali ini sedikit membantu dan menambah wawasan bagi para penangkar dan hobbies untuk mengetahui warna violet. yang perlu di ketahui disini bahwa violet memiliki warisan (autosomal dominan),sehingga dapat mewarisi single factor (SF)/satu faktor atau Double factor (DF)/dua faktor violet ke semua warna lain. Faktor violet mengubah warna biru terbentuk di zona spons menjadi warna violet.

Faktanya adalah bahwa warna violet ini dapat dilihat sebagai  "murni"  warna violet hanya dalam  burung seri biru dengan satu faktor gelap/single factor (SF). Dengan kata lain hanya burung biru dengan satu faktor gelap/single factor (SF) adalah (cobalt) dan single atau double factor violet jelas dikenali sebagai "violet".

Seekor burung biru dengan satu faktor violet terlihat banyak seperti burung dark blue, dan burung biru dengan dua faktor violet terlihat sangat mirip  Dark blue dengan satu faktor violet.
Dalam DD blue Fischeri warna violet hampir sama sekali tidak terlihat. Seekor burung hijau dengan faktor violet akan terlihat lebih gelap samar-samar kebiruan dengan hijau mengkilat dan disebut violet faktor hijau.
faktor violet ini mewarisi dominan, yang berarti tidak ada burung split violet/burung harus terlihat visual yang menunjukkan faktor violet.

Bagaimana cara untuk mendapatkan/mengembang biak warna violet?

ingat bahwa faktor ini mewarisi secara independen dari semua mutasi lainnya, bagus pada burung seri biru dan sangat terlihat dalam burung D Blue.
pertama-tama kita harus mencatat hasil dari pasangan yang ditangkarkan sebanyak mungkin warna dark blue, tapi sayangnya tidak semua dark blue akan menghasilkan faktor violet, atau cara mudahnya anda bisa membeli pasangan satu violet tidak perduli dia jantan atau betina.
(Perhatikan bahwa SF = faktor tunggal dan DF = faktor ganda)

SF Violet D blue X blue:
25% biru
25% SF violet blue (terlihat seperti D blue normal)
25% D blue
25% SF violet D blue (terlihat violet)

Pertama menghitung hasil D Blue X blue (= 50% blue; 50% D blue)
dan selanjutnya tidak adanya/kehadiran faktor violet (sf V x non V = 50% V dan 50% non V). Kedua gabungan memberikan hasil di atas.
Oleh karena itu lebih enak,selain itu juga lebih mahal untuk memulai dengan DF Violet D Blue.

Sepasang DF violet D blue X D blue akan menghasilkan:
25% SF violet blue
50% SF violet D blue (terlihat violet)
25% SF violet DD biru. (faktor violet tidak terlihat)
Semua anak membawa satu faktor violet (DF V x non V = SF violet)

Jika kita mengawinkan SF violet blue x SF violet DD Blue semua anak akan D blue.

Dan pada anakan faktor violet didistribusikan sebagai berikut:
25% D blue; 50% SF violet D blue (terlihat violet)
25% DF violet D blue (terlihat violet)

atau bahkan kombinasi yang lebih baik:
SF violet biru X DF violet blue atau
DF violet DD biru X SF violet DD Blue

Sekarang kita mendapatkan:
50% SF violet D blue (terlihat violet)
50% DF violet D blue (terlihat violet)

Anda harus mengetahui/bertanya kepada penangkar saat membeli apakah Double Factor (Df) / Single Factor (Sf)  violet blue atau DF violet DD biru.

Faktor violet pertama kali ditemukan di Agapornis personata dan telah trans-mutasi ke Fischeri. Jadi ketika ingin membeli burung ketahui bahwa ada tanda-tanda hybrid.
lebih disarankan anda mengembang biak sendiri dengan begitu anda akan mengetahui lebih jelas garis keturunannya.

--Semoga bermanfaat--


1 comment:

syah Brown said...

om bisa kasi contoh gambar perbeda'an gak
antara VIOLET SF & VIOLET DF ...???